Jumat, 12 Agustus 2011

Englis

SMKN 3 Wajibkan Guru Les Bahasa Inggris

SMKN 3 Batam di Tanjungpiayu mewajibkan guru-gurunya mengikuti les bahasa Inggris. Les diadakan dua kali dalam seminggu agar guru bisa mengajar dengan bahasa Inggris.

”Selain les, untuk membiasakan guru mahir berbahasa Inggris, sekolah menerapkan english day sekali seminggu,” ujar Kepala SMKN 3, Lea Lindrawijaya.

Pada saat English Day, sambung Lea, semua guru dan siswa wajib berbahasa Inggris. Guru juga diminta untuk aktif berbincang dengan siswa terutama saat jam istirahat. ”Sehingga guru dan siswa akan sama-sama terbiasa menggunakan bahasa Inggris,” ungkap Kepala SMKN terbaik se-Kepri ini.

Dia menambahkan, les ini juga akan membantu SMKN 3 bisa dijadikan Sekolah Bertaraf Internasional (SBI). Salah satu syarat menjadi SBI adalah empat mata pelajaran wajib diajarkan dengan Bahasa Inggris.

”Kalau murid dan guru tak terbiasa berbahasa Inggris, bagaimana kita bisa mencapai tujuan itu. Kita ingin sekolah cepat maju meski baru berdiri empat tahun silam. Untuk itu, kita harus melakukan persiapan sejak awal,” tambahnya.

Saat ini ia sudah memulai mewajibkan guru mengajar dalam Bahasa Inggris selama dua jam. Ini berlaku untuk semua mata pelajaran, bukan hanya empat mata pelajaran saja. Sehingga semua guru akan bisa mengajar dalam bahasa Inggris ke depannya. Di juga mengimbau guru mengasahnya di rumah.

”Bahasa ini harus terbiasa. Kita tak mungkin pintar berbahasa Inggris kalau sehari-harinya jarang berbicara dalam Bahasa Inggris,” ujarnya. (eja)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar